Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Selasa, 01 Juni 2010

Sistem Penganggaran Untuk Aktivitas Bisnis

1. Penganggaran Inkremental (Incremental Budgeting)

Penganggaran inkremental adalah metode anggaran yang hanya mempertimbangkan perubahan sumber daya dari anggaran tahun sebelumnya. Penganggaran inkremental biasanya digunakan pada perusahaan pemerintah dan nirlaba.

2. Penganggaran Basis Nol (Zero-Based-Budgeting)
Penganggaran basis nol adalah metode anggaran yang mengharuskan semua jajaran manajemen memulai dari nol dan mengestimasi kebutuhan sumber daya yang diperlukan untuk mendanai aktivitas tahun yang dianggarkan. Penganggaran basis nol paling tepat digunakan di dalam perusahaan dimana berlangsung putaran tinggi dalam jajaran manajemen menengah dan senior.

3. Penganggaran Statik (Static Budgeting)
Penganggaran statik adalah metode anggaran yang sifatnya tetap setelah anggaran tersebut sudah disusun untuk aktivitas. Penganggaran statik umumnya digunakan pada perusahaan jasa atau fungsi jasa pendukung seperti bagian pembelian, akuntansi dan hukum.

4. Penganggaran Fleksibel (Flexible Budgeting)
Penganggaran fleksibel merupakan serangkaian anggaran untuk bermacam-macam tingkat aktivitas. Penganggaran fleksibel umumnya digunakan pada perusahaan manufaktur dalam menaksir dan mengendalikan biaya pabrik serta beban operasi.

1 komentar: